Tentang Pesantren Shafwatul Akhyar

Sekilas Pesantren Shafwatul Akhyar

Pesantren Shafwatul Akhyar terbentuk pertama kali pada tahun 2018. Terdorong oleh banyaknya pertanyaan seputar masalah sosial keagamaan. Dan juga banyaknya postingan di media sosial yang terkadang membuat bingung masyarakat, karena unggahan yang terpotong/tidak utuh dan sudah diedit. Akhirnya dibentuklah WhatsApp Group yang coba dipergunakan untuk menjawab berbagai pertanyaan. Dengan penjelasan yang singkat padat dan to the point sehingga mudah diterima oleh berbagai lapisan dan golongan. Anggota grup Pesantren (online) Shafwatul Akhyar (PeShA) mempunyai nama Sahabat Santri Shafwatul-Akhyar (SSS).

Dengan motto Mengaji, Diskusi Dan Berbagi Tanpa Batas Ruang Dan Waktu, PeShA mencoba menjadi setitik cahaya di masyarakat. Belajar dari kitab klasik dan kontemporer, melakukan riyadlah dengan memperbanyak membaca Istighfar dan Shalawat serta saling mendoakan sahabat, keluarga dan masyarakat luas yang sedang ditimpa cobaan.

Beberapa kajian memang disajikan dengan singkat padat dan terkadang tanpa menyertakan dalil komplitnya. Hal ini dilakukan supaya masyarakat yang awampun bisa menangkap pesan dakwah, yang terkadang tidak membutuhkan dalil yang lengkap. Tetapi setiap kajian, selalu merujuk pada pustaka yang sudah masyhur digunakan.

Diantara kajian di PeShA adalah :

  • Kajian Fikih.

Kajian yang menitikberatkan untuk memberikan sedikit pencerahan kepada masyarakat dalam hal fikih dengan pemaparan berbagai perbedaan pendapat ulama, sehingga masyarakat akan lebih luas dalam memahami perbedaan yang sebenarnya tidak perlu diributkan dalam fikih.

  • Kajian Tasawuf.

Kajian Perbaikan Hati, yang disampaikan secara singkat sebagai bahan renungan dalam menjalani kehidupan.

  • Kajian Tafsir Al Quran.

Membahas secara singkat ayat-ayat Al Quran, khususnya surat-surat pendek yang biasa dibaca di masyarakat. Dengan harapan, semakin kita memahami apa yang kita baca, semakin mantap hati kita dalam mengamalkan isi dan kandungan Al Quran.

  • Kajian Hadits.

Kajian yang merujuk pada hadits yang tidak terlalu panjang. Dengan tujuan supaya mudah dihafal dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Ngaji Di Kanal Youtube Pesantren Shawfatul Akhyar.

Membahas secara singkat permasalahan sehari-hari. Baik permasalahan sosial maupun amaliyah yang sudah banyak dilakukan masyarakat. Disampaikan secara santai dan sangat tidak formal, dengan harapan bisa lebih diterima oleh masyarakat.

Pengasuh Pesantren Shafwatul Akhyar

H. Eko Supriyanto, A.Md