Puasa Syawwal

Puasa Syawwal

Disunnahkan bagi kita selepas Ramadhan, dibulan syawwal ini melaksakan puasa sunnah 6 hari. Dimulai pada tanggal 2 Syawwal hingga akhir bulan syawwal.

Boleh dikerjakan secara berurutan, boleh tidak berurutan. Serta boleh juga mengerjakannya bagi wanita yg berhutang puasa ramadhan tanpa membayar hutang puasa ramadhannya terlebih dahulu.

Memang ada yang berpendapat bahwa hutang Ramadhan dibayar dulu karena itu wajib, sedangkan puasa syawwal adalah sunnah. Namun ada juga yg berpendapat bahwa pelaksanaan puasa syawwal waktunya singkat, hanya 1 bulan. Sedangkan mengqadla ramadhan waktunya 11 bulan.

Jadi, mana yang kita anggap bisa kita kerjakan dahulu, maka kita kerjakan. Dan apabila kita ada keperluan dan tidak bisa menjalankan puasa syawwal juga tidak masalah, karena hukumnya sunnah.

Lalu bagaimana jika kita mengqadla puasa ramadhan tapi diniati sekalian puasa syawwal?

Ulama ada yg memperbolehkan dan mendapatkan 2 keutamaan puasa tersebut, tetapi ada juga yang menyatakan tidak sah puasa dengan 2 niat.

Lalu bagaimana jika kita hanya bisa mengerjakan puasa syawwal hanya 4 hari?

Insya Allah kita masih mendapatkan keutamaan kesunnahan puasanya dan sah puasanya. Hanya saja keutamaan yang kita peroleh tidak penuh seperti yang mengerjakannya selama 6 hari.

Wallahu A’lam

Referensi : Fathul Mu’in dan Fathul Qarib

Leave a Reply