Mengetahui Dalil Secara Rinci (Kajian Fikih)

Mengetahui Dalil Secara Rinci (Kajian Fikih)

Saat kita makan pecel pasti ada bumbunya. Kita bisa merasakan dan langsung makan, tanpa perlu tahu bumbu tadi kacangnya berapa ons, cabenya berapa biji dlsb. Kita tinggal menikmati saja. Dan bila ada saat senggang, bisa saja kita belajar cara bikin bumbu pecel tadi. Bgmn menggiling kacangnya dan takaran bumbu lainnya.

Demikian juga dalam fikih. Misal kita berwudlu. Kita lgsg saja berwudlu. Niat saat membasuh wajah dan seterusnya. Kita, sebagai orang awam, tinggal ikuti saja ulama2 sesuai dengan kitab fikih yang beliau susun. Untuk berwudlu kita tidak perlu mencari dalilnya dari Quran maupun hadits. Langsung saja berwudlu. Dan baru bila kita ingin memperdalam pengetahuan kita masalah wudlu, kita bisa mengaji atau bertanya kepada para ulama. Dari sinilah kita bisa mengetahui bgmn para ulama menggali hukum yang bersumber dari Quran dan hadits.

Jadi, silahkan ikut ulama, karena beliau-beliau tetap bersumber dari sumber yang asli dan bila ada perbedaan pendapat dalam fikih, kita cukup saling menghormati dan menghargai.

Wallahu A’lam

Leave a Reply